• SMP NEGERI 4 CEPU
  •  

Kegiatan Eksrtakurikuler Pramuka di SMP Negeri 4 Cepu Selama Masa Pandemi

Pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diadakan pada jenjang SD, SMP, dan SMA. Kegiatan ekstrakuler pramuka ini sangatlah penting diajarkan ditingkah Sekolah Menengah Pertama karena dapat membentuk kepribadian siswa menjadi manusia yang berilmu pengetahuan serta dapat menerapkan nilai-nilai menjadi pribadi yang bermoral baik. Pada umumnya kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dengan metode pembentukan watak, akhak, dan budi pekerti. Dalam ekstrakulikuler pramuka anak-anak dididik untuk menjadi pribadi yang mandiri, disiplin, bermanfaat, dan cara bertahan hidup di alam maupub di masyarakat. 

Di SMP Negeri 4 Cepu kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan setiap hari jumat pada pukuk 15.00 s/d 17.00 WIB. Dalam satu bulan dibagi menjadi dua kloter per jenjang kelas. Untuk minggu ke 1 & 3 diikuti oleh kelas VII, kemudian untuk minggu ke 2 & 4 diikuti oleh kelas VIII. Selama pandemi Covid- 19 anak- anak sangat diperketat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini merupakan sarana yang digunakan oleh SMP Negeri 4 Cepu untuk tetap menjaga kedisiplinan dan kreativitas peserta didik. 

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dipimpin oleh pembina pramuka. Selama masa pandemi covid-19 pembina pramuka hanya menyampaikan materi saja dan kegiatan kemah sementara ditiadakan. Pada kegiatan pramuka biasanya ada kegiatan penjelajahan malam namun karena masa pandemi kegiatan tersebut juga ditiadakan. Dan tak lupa pembina pramuka juga mewajibkan peserta didik untuk membeli buku saku modal peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. 

Harapannya semoga pandemi covid- 19 segera berakhir dan kegiatan pramuka bisa dilakukan di luar sekolah sekolah seperti tahun-tahun sebelumnya..

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pelantikan Osis Masa Bakti 2019-2020

Pelantikan Osis Masa Bakti 2019-2020  

14/09/2019 08:57 - Oleh Administrator - Dilihat 849 kali